Diberdayakan oleh Blogger.

Inilah Beberapa Gejala Penyakit Stroke

Inilah Beberapa Gejala Penyakit Stroke

Stroke merupakan penyakit kronis yang kehadirannya tidak diinginkan oleh siapapaun. Penyakit yang satu ini terjadi lantaran adanya hambatan akan aliran darah menuju otak, dan pada akhirnya menyebabkan otak kekurangan oksigen serta nutrisi. Jika tidak diadakan tindakan pencegahan dan penangan secara khusus, tentu penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan fungsi tubuh secara permanen bahkan mengancam jiwa seseorang. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa otak merupakan organ tubuh yang memiliki peran krusial. 

Bisa dibilang bahwa otak merupakan pusat dari seluruh kegiatan dalam tubuh. Dengan demikian, otak perlu dijaga dan dilindungi selagi masih dalam keadaan yang normal. Terkait dengan hal tersebut, Anda perlu mengetahui gejala terjadinya penyakit stroke sebagai bentuk tindakan pencegahan secara dini. Stroke merupakan salah satu penyebab tangan kebas dan kesemutan yang berkepanjangan. Maka dari itu, perlu diwaspadai jika selama ini Anda mengalami kebas dan kesemutan pada tangan tanpa alasan yang logis. Sebaiknya, Anda segera berkonsultasi dengan dokter ahli jika mengalami hal demikian.

Selain kebas dan kesemutan pada tangan, terdapat beberapa hal lagi yang menjadi gejala terjadinya penyakit stroke. Sebelum membahas sebabnya, ada baiknya jika Anda mengetahui jenis-jenis stroke yang bisa menyerang seseorang. Dalam hal ini terdapat tiga jenis kondisi stroke, yakni; stroke ringan, stroke hemoragik, dan stroke iskemik. Ketiga strore tersebut memiliki penyebab yang berbeda antara satu sama lain. Bagi Anda yang penasaran dengan informasi tersebut, maka bacalah ulasan ini hingga tuntas lantaran akan dibahas satu persatu secara detail.

Stroke ringan atau dalam Bahasa ilmiah disebut sebagai Transient Ischemic Attack (TIA) disebabkan karena kurangnya darah pada sistem syaraf dala kurun waktu yang singkat. Umumnya, peristiwa tersebut terjadi kurang dari 24 jam atau beberapa jam saja. Sedangkan, stroke hemoragik terjadi karena pecahnya salah satu pembulu darah yang terdapat dalam otak. Umumnya, stroke jenis ini diawali dengan melemahnya pembulu darah di bagian otak yang pada akhirnya menyebabkan kebocoran dan menumpahkan darah di sekitarnya. 

Darah yang menumpuk di otak inilah yang menjadi penghambat jaringan lainnya untuk beraktifitas. Jika hal ini tidak segera ditangani oleh tim medis, maka bisa saja berujung pada kematian. Sementara itu, stroke iskemik merupakan stroke yang disebabkan karena pembuluh darah yang menyalurkan darah ke otak terhalang oleh darah yang membeku. Penyebab utama terjadinya bekuan darah ini ialah adanya timbunan lemak pada lapisan pembuluh darah.

Itulah tiga jenis stroke yang umumnya bisa menyerang tubuh seseorang. Penyakit stroke sendiri biasanya menyerang golongan usia 40 tahun ke atas. Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini bisa menyerang seseorang yang memiliki usia di bawah 40 tahun. Anda bisa mencegah terjadinya penyakit ini dengan cara mengurangi faktor-faktor resiko seperti pola makan yang tidak sehat, tidur yang tak teratur, kurang pergerakan, dan sebagainya.

Kembali pada pembahasan awal kita yang mengenai gejala penyakit stroke. Stroke tidak hanya menjadi penyebab tangan kebas dan kesemutan saja, melainkan juga merupakan penyebab datangnya sakit kepala secara tiba-tiba. Dua hal tersebut merupakan gejala-gejala terjadinya stroke yang akan menjangkit tubuh. Namun jika hanya bermodalkan dua pertanda tersebut, pastinya akan sangat sulit untuk membedakan sakit kepala dan kesemutan biasa dengan sakit kepala dan kesemutan karena gejala stroke. 

Untuk itu, Anda perlu mengetahui gejala lain yang lebih banyak. Adapun penyebab lain yang menjadi pertanda datangnya stroke antara lain ialah; hilangnya keseimbangan tubuh seperti masalah pada saat berjalan, sering merasakan leleah meskipun tidak melakukan kegiatan berat, hilangnya kesadaran (koma), menurunnya kemampuan telinga untuk mendengar, masalah terkait dengan berbicara, vertigo, terganggunya pengelihatan, dan sebagainya.

Apabila Anda mengalami tanda-tanda tersebut dalam waktu yang bersamaan, maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam. Anda harus segera pergi ke dokter jika Anda sering mengalami mati rasa, lemas dan lesu, sering mengalami vertigo dan sakit kepala berkepanjangan. Apalagi jika anda mendapati tanda-tanda pembekuan darah seperti sakit pada lengan atau kaki, suhu tubuh tidak normal, serta merah pada bagian tubuh tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar