Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Menyimpan Nasi Sisa Agar Tetap Aman Dikonsumsi

Tips Menyimpan Nasi Sisa Agar Tetap Aman Dikonsumsi

Nasi bagi masyarakat Indonesia merupakan makanan pokok. Pastinya, wajib ada di setiap waktu. Seringkali saat memasak terlalu banyak, nasi disimpan untuk dimakan keesokan hari.

Kebiasaan ini sebenarnya tidak masalah sepanjang kamu tahu cara menyimpannya dengan tepat. Pasalnya nasi sisa bisa ditumbuhi bakteri yang bisa membuat keracunan.

Saat nasi masih berupa beras, terdapat spora Bacillus cereus. Spora tersebut bagian dari bakteri yang dapat bertahan hidup ketika beras dimasak.

Jika nasi didiamkan dalam suhu kamar setelah dimasak, spora itu dapat tumbuh menjadi bakteri yang jumlahnya berlipat ganda. Tentu saja bila dikonsumsi dapat menyebabkan muntah atau diare.

Semakin lama nasi didiamkan pada suhu kamar, semakin besar kemungkinan bakteri akan membuat nasi tidak aman untuk dikonsumsi. Artinya sangat penting untuk menyimpan nasi dengan cepat jika akan dipanaskan kembali.

Bagaimana agar nasi tidak dipenuhi bakteri beracun? Idealnya, nasi segera dikonsumsi setelah dimasak. Jika memang terdapat cukup banyak sisa, dinginkan secepat mungkin. Kamu bisa menghilangkan uap panasnya dengan kipas.

Setelah tidak panas, masukkan saja dalam lemari pendingin. Saat ingin dimakan, baru dipanaskan.

Tapi ingat ya, jangan memanaskan nasi lebih dari satu kali.

0 komentar:

Posting Komentar