Diberdayakan oleh Blogger.

Sudah Tahu Keuntungan Menggunakan Asuransi Perlindungan Jiwa Syariah ? Cek Disini


Sudah Tahu Keuntungan Menggunakan Asuransi Perlindungan Jiwa Syariah ? Cek Disini

Dalam beberapa waktu belakangan, kepopuleran asuransi berbasis syariah kian meningkat di pandangan mata masyarakat tanah air. Dari sekian jenis asuransi yang ditawarkan, asuransi perlindungan jiwa syariah banyak diburu. Bukan hanya mampu memberikan perlindungan semata, namun ada beberapa daftar keuntungan lain yang hanya didapatkan ketika menggunakan asuransi jiwa berbaisis syariah. Berikut keuntungannya.

Daftar Keuntungan Menggunakan Asuransi Jiwa Berbasis Syariah

1. Bebas dari Riba

Dilandasi oleh prinsip prinsip hukum Islam, dengan kata lain asuransi jiwa berbasis syariah ini jauh dari riba. Bagaimana tidak, seluruh dana yang sudah disetorkan pada pihak asuransi nantinya akan dikelola dalam sebuah rekening tabarru (dana sosial). Dana tabarru adalah sejumlah dana yang berhasil dikumpulkan dari hasil gotong royong bersama, dan nantinya bisa digunakan untuk membantu nasabah lainnya yang sedang tertimpa musibah.

Sedangkan sebagaian dana asuransi lainnya, akan digunakan sebagai investasi yang memiliki akad mudharabah. Dengan kata lain, dana tersebut akan dikelola perusahaan asuransi sesuai dengan perjanjian yang sudah tertera di dalam sebuah kontrak bagi hasil. Berkat adanya perjanjian tersebut, dana terhindari dari riba karena perhitungan nisbahnya sendiri telah dilakukan pada awal pembelian polis asuransi perlindungan jiwa syariah.

2. Biaya Premi Bulanan Lebih Terjangkau

Umumnya para nasabah harus membayarkan sejumlah premi secara rutin, agar bisa mendapatkan segudang manfaat yang sudah tertuliskan dalam polis. Meski hampir serupa,  nyatanya harga premi yang harus dibayarkan jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan asuransi jiwa konvensional. Mendapatkan pelayanan yang tidak jauh berbeda dengan harga murah, tampaknya berhasil memikat perhatian masyarakat untuk menggunakannya.

Walaupun harga premi yang ditawarkan jauh lebih murah, bukan berarti dari segi kualitas dan layanan yang diberikan perlu dipertanyakan. Pasalnya segala aktifitas keuangan yang dilakukan, akan berada dalam pengawasan serta harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Dewan Pengawas Syariah. Dengan kata lain, nasabah akan diberikan layanan terbaik dan tidak akan menguras isi dompet.  

3. Transparansi Pengelolaan Dana

Aktifitas perbankan terlihat lebih transparan, dianggap sebagai salah satu keuntungan lain ketika menggunakan asuransi perlindungan jiwa syariah. Dijalankan secara transparan, alhasil tidak ada pihak yang merasa dirugikan karena mengetahui betul dana yang tersimpan nantinya akan mengalir kemana. Bahkan sejak pembelian polis asuransi, para nasabah akan mendapatkan informasi detail mengenai asuransi yang hendak dibelinya.

4. Perlindungan Jiwa dengan Nominal Santunan Besar

Keuntungan lain ketika menggunakan asuransi berbasis syariah, adalah uang yang dibayarkan oleh para nasabahnya akan tetap menjadi nasabah itu sendiri. Sedangkan perusahaan asuransi, hanya akan membantu mengelola sejumlah dana titipan tersebut dalam rekening tabarru. Dengan kata lain, asuransi jiwa satu ini hampir serupa dengan tempat penitipan dana sementara yang tidak akan pernah hangus. 

5. Jangka Waktu Lebih Fleksibel

Memiliki jangka waktu lebih fleksibel dibandingkan dengan asuransi konveksional, dianggap sebagai salah satu keuntungan ketika menggunakan polis asuransi perlindungan jiwa syariah. Berkat sifatnya tersebut, para nasabah dapat melakukan polis asuransi dengan melakukan penyesuaikan pada dan kondisi finansialnya. Bahkan nasabah juga bisa mendapatkan pengembalian kontribusi, ketika polis yang dimiliki telah jatuh tempo. 

Perbankan khususnya layanan asuransi jiwa syariah tengah ramai diperbincangkan oleh masyarakat. anda bisa berkunjung ke https://www.generali.co.id/id/solusi-lengkap/iplan-syariah untuk mendapatkan solusi nya, bukan hanya memberikan perlindungan semata, namun asuransi satu ini mendatangkan segudang keuntungan bagi mereka yang memilikinya. Selain mengandalkan asuransi jiwa, akan lebih baik jika anda mengimbanginya dengan menabung sebagian pendapatan agar kondisi finansial di masa mendatang tetap terkontrol.


0 komentar:

Posting Komentar