Diberdayakan oleh Blogger.

Destinasi Wisata Menarik di Sentani Papua

Destinasi Wisata Menarik di Sentani Papua

Papua memiliki beragam destinasi wisata yang mengagumkan, tak hanya Raja Ampat. Papua juga memiliki Danau Sentani, Danau Love, dan juga Tugu MacArthur.

Danau Sentani pun salah satu destinasi yang sangat terkenal. Selain sebagai lokasi wisata, danau tersebut juga sebagai sumber air.

Selain itu, Danau Sentani juga memiliki keunikan tersendiri karena memiliki 22 pulau yang indah di sekitar danau tersebut. Ia tak kalah cantik dari Raja Ampat.

Danau seluas 9.360 hektare dan berada di ketinggian 75 mdpl ini mempunyai 30 spesies ikan air tawar yang hidup di dalam danau ini. Empat dari 30 spesies ini bahkan merupakan spesies endemik yang hanya ada di Sentani.

Untuk menarik wisatawan berkunjung ke Papua, pemerintah setempat menggelar Festival Danau Sentani (FDS). Festival tersebut menjadi agenda tahunan yang telah berlangsung sejak 2007.

Danau Love

Masih di Danau Sentani, di sekitar danau tersebut terdapat Telaga Cinta atau biasa disebut Danau Love oleh masyarakat setempat letaknya di Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura.

Sebenarnya, nama asli telaga itu dalam bahasa daerah setempat adalah Telaga Imfote, sesuai dengan nama tempat telaga tersebut berada. Untuk tiba di Telaga Cinta bisa dicapai lewat darat dan lewat jalur danau.

Tugu MacArthur

Selain danau, tanah Papua menyimpan kisah mengenai Perang Pasifik yang merupakan bagian dari Perang Dunia II. Satu di antaranya mengenai Douglas MacArthur, jenderal besar Amerika Serikat yang tersohor dengan strategi 'Loncat Katak' saat Perang Pasifik, rentang tahun 1941-1945.

Ternyata, sang jenderal menyusun strategi perang menghadapi balatentara Jepang tersebut dari atas puncak Ifar Gunung yang kini masuk wilayah Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Pasukan Sekutu membangun markas di Ifar Gunung setelah mendarat di Teluk Humboldt atau Teluk Hamadi pada 22 April 1944.

Di atas Ifar Gunung yang berjarak sekitar 15 menit dari Bandara Sentani atau 1 jam dari Kota Jayapura itulah terdapat Tugu MacArthur. Tugu tersebut didirikan oleh pasukan Sekutu di bawah komando Jenderal MacArthur yang memenangkan perang melawan fasisme Jepang pada Perang Dunia II.

0 komentar:

Posting Komentar